Kamis, 20 Desember 2012

Perubahan Maju Mundur


            Gresik, kabupaten yang pertumbuhannya cukup pesat. Diantaranya di bidang sarana dan prasarana, setelah perubahan Bupati yang baru ini banyak pembangunan yang dilakukan di sana-sini. Tempat-tempat umum seperti gedung kesenian/wahana ekpresi poesponegoro yang ada di Jl. Jaksa Agung salah satu bentuk nyatanya. Dulu sebelum dibangun gedung tersebut, lahannya hanya dipergunakan untuk lapangan, kemudian diubah lagi menjadi bendungan air. Tapi manfaatnya sangat kurang  dirasakan.
            Namun setelah dibangun gedung kesenian/WEP ,semuanya berubah. Pemandangannya pun berbeda, dulu yang hanya lahan kosong, sekarang berubah menjadi gedung dan taman yang banyak manfaatnya. Di gedung kesenian/WEP sering digunakan untuk kegiatan-kegiatan, seperti car free day yang diadakan setiap minggunya, wisuda, pentas seni, dan lain-lain. Kadang juga banyak digunakan untuk pemotretan, karena bentuk bangunannya yang modern dan bagus serta pemandangannya yang indah.
            Selain gedung kesenian/WEP, tempat umum/sarana dan prasarana yang baru di Gresik adalah tugu selamat datang di kota Gresik. Tugu tersebut dibangun di perbatasan kota Gresik dan Surabaya yang hingga saat ini belum selesei-selesei juga, masih dalam proses dan sudah beberapa kali direvisi. Namun tugu tersebut dirasa-rasa kurang memberikan manfaat. Memang kadang hanya digunakan untuk tempat nongkrong anak-anak muda  maupun pemotretan. Tapi bentuk dari tugu tersebut tidak ada bagus-bagusnya, pencahayaannya pun juga sangat kurang jika di malam hari, sehingga hanya membuang dengan percuma APBD kota Gresik.
            Seharusnya pemerintahan kota Gresik jika ingin membenahi maupun membangun tempat umum/sarana dan prasarana harus dipikirkan matang-matang terlebih dahulu. Seberapa besar manfaat yang akan diperoleh masyarakat nantinya dan anggaran yang akan dikeluarkan agar tidak percuma/sia-sia. Dan dari pada tidak memberi manfaat apa-apa untuk masyarakat, lebih baik APBD tersebut dialokasikan untuk bidang lain, seperti pendidkan, kesehatan, dan pemerataan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar